Cara Membuat Kue Mangkok Ubi Mekar dan Enak

Cara Membuat Kue Mangkok Ubi Mekar dan Enak – Sebelum kita bahas cara membuat kue mangkok,ada yang tau gak sih apa itu kue mangkok ? saya yakin kalian pasti tau dan pasih menjawab, tapi bagaimana dengan kalian yang belum tau ? tenang saya akan menjelaskan sedikit tentang kue mangkok. Kue mangkok adalah salah satu makanan popular diindonesia, kue mangkok ini sendiri berbahan utama tepung terigu yang dicampur dengan tepung beras dan tapai singkong biasanya kue ini berbentuk seperti mangkok tetapi diujung kue mekar seperti bunga loh

Advertisement

Nah untuk keberadaan kue mangkok sendiri tidak perlu susah-susah dicari karena kalian akan menemukannya diberbagai pasar tradisional, toko kue bahkan dipinggir jalan loh . lalu berasal dari mana sih kue mangkok itu ? sebenarnya kue mangkok ini berasal dari tiongkok selatan lalu mengalami indigenisasi.

Kue+Mangkuk+Ubi+Ungu

Resep Kue Mangkok

Gimana ? udah pada tau kan sekarang asal-usul kue balok ? masih mau beli atau bikin sendiri nih sobat ? gimana kalo kita belajar bikin sendiri ? selain kebersihannya yang terjaga, kesehatannyapun terjamin bukan ? nah kali ini kita akan membuat kue mangkok ubi loh. Pasti penasaran kan, yuk langsung aja kita intip resepnya disini :

Bahan-bahan yang perlu disiapkan :

  • Ubi merah 400 gr
  • Tepung terigu 50 gr pilih yang berprotein rendah
  • Tepung terigu 400 gr pilih yang berprotein rendah
  • Gula pasir 400 gr
  • Santan 150 ml diambil dari ½ butir kelapa . setelah itu masak lalu dinginkan
  • Garam 1 sendok teh
  • Telur 2 butir kocok lepas
  • Ragi instan 1 sendok makan
  • vanilli bubuk 1/8 sendok teh
  • air 100 ml

cara membuat   :

  1. kukus ubi merah hingga matang lalu haluskan
  2. campurkan ragi instan,400 gr tepung terigu dan air sampai merata kemudian sisihkan
  3. siapkan wadah lain
  4. aduk ubi dan gula pasir diwadah yang baru disiapkan lalu masukan campuran terigu.aduk hingga rata
  5. masukan telur sambil terus diaduk lalu masukan santan dan 50 gr terigu bergantian sambil terus diaduk.
  6. Masukan vanilli bubuk dan garam
  7. Aduk hingga rata lalu diamkan selama 45 menit, tuang kedalam cetakan mangkok tidak perlu dioles
  8. Kukus diatas api sedang selama 25 menit hingga matang.

Bolu kukus siap dihidangkan. Bahagimana mudah bukan ? hanya memerlukan waktu kurang dari dua jam loh. Selamat mencoba jangan lupa tinggalkan komentar dan cerita anda setelah membuatnya ya :)

Incoming search terms:

  • resep kue cenil
  • resep kue mangkok ubi
  • resep kue mangkok ubi ungu
  • kue mangkok ubi
  • resep kue mangkok ubi ungu mekar
  • cara membuat kue mangkok ubi ungu
  • resep kue mangkok ubi mekar
  • kue mangkok
  • kue mangkok ubi ungu mekar
  • apem ubi ungu
Cara Membuat Kue Mangkok Ubi Mekar dan Enak | Mega Saraswati Anaska | 4.5